Kunci Jawaban Modul 3 : Penggunaan Hasil Asesmen SMP dan SMA/SMK

1. Seseorang yang memiliki pola pikir bertumbuh berkeyakinan bahwa kecerdasan dan bakat dapat dikembangkan seiring berjalannya waktu, usaha, dan belajar yang diikuti kesungguhan dan ketekunan.
Jawab : Benar

2. Perhatikan beberapa pernyataan berikut.
  1. Kesalahan dalam belajar itu wajar. Jika diterima, dikomunikasikan, dan dicarikan jalan keluar, maka kesalahan akan menstimulasi perkembangan otak murid.
  2. Belajar bukan tentang pemahaman, penalaran, penerapan, serta kemampuan menilai dan berkarya secara mendalam, tetapi tentang kecepatan.
  3. Ekspektasi guru yang positif tentang kemampuan murid akan sangat mempengaruhi performa murid.
  4. Setiap murid itu sama, memiliki peta jalan belajar yang seragam, dan perlu dibandingkan dengan teman-temannya.
  5. Pengkondisian lingkungan belajar (fisik dan psikis) di sekolah dan rumah akan mempengaruhi pencapaian hasil belajar.
Manakah pernyataan yang kurang sesuai dalam menerapkan pola pikir bertumbuh?
Jawab : 2 dan 4

3. Perhatikan salah satu hasil asesmen diagnostik siswa kelas XI pada mata pelajaran Kimia di awal tahun ajaran baru berikut.
  • Mayoritas murid sudah memahami cara jenis dan cara menuliskan reaksi kimia.
  • Mayoritas murid sudah memahami teori hukum dasar kimia.
  • Mayoritas murid tidak bisa menyelesaikan studi kasus aplikasi hukum kimia dalam kehidupan sehari-hari.
Manakah bentuk tindak-lanjut dalam hal strategi pembelajaran yang sesuai terkait hasil asesmen tersebut?
Jawab : Mengubah rencana pembelajaran di awal untuk beberapa pertemuan menjadi berfokus pada penerapan.

4. Umpan balik adalah komentar atau respons terhadap karya dan proses belajar murid yang relevan dengan teknik penilaian formatif yang diberikan.
Jawab : Benar

5. Perhatikan cuplikan percapakan guru Bahasa Indonesia dan siswa berikut.
Guru: "Menurutmu, adakah yang bisa ditambahkan pada teks argumentasi buatanmu?
Murid: "Hmm... judul?
Guru: "Ya, menambahkan judul akan memudahkan pembaca mengetahui topik apa yang mau kamu angkat. Bagaimana dengan sumber fakta yang kamu sampaikan?
Murid: "Oh, iya benar Bu! Aku lupa belum kasih referensi"
Jawab : Saran

6. Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini.
  1. Hindari hanya menggunakan teknik asesmen berbentuk tes tertulis atau lisan. Masih banyak teknik asesmen lain yang dapat kita gunakan.
  2. Hindari terlalu berfokus pada nilai tanpa memberikan umpan balik dan tindak lanjut untuk perbaikan proses pembelajaran.
  3. Terlalu fokus menghabiskan waktu untuk menangani administrasi dan pengolahan penilaian.
  4. Tujuan pembelajaran yang dinilai secara kuantitatif perlu dipikirkan dengan saksama.
  5. Melengkapi data dengan observasi dan pemberian umpan balik.
  6. Asesmen formatif tetap dilakukan dan didokumentasikan dengan baik.
  7. Asesmen formatif tetap dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan nilai akhir.
Hal yang perlu diperhatikan ketika kita menggunakan data kuantitatif serta data kualitatif dari asesmen formatif dan asesmen sumatif untuk dijadikan nilai rapor adalah...
Jawab : 3, 4, dan 5.

7. Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini.
  1. Hindari hanya menggunakan teknik asesmen berbentuk tes tertulis atau lisan. Masih banyak teknik asesmen lain yang dapat kita gunakan.
  2. Hindari terlalu berfokus pada nilai tanpa memberikan umpan balik dan tindak lanjut untuk perbaikan proses pembelajaran.
  3. Terlalu fokus menghabiskan waktu untuk menangani administrasi dan pengolahan penilaian.
  4. Tujuan pembelajaran yang dinilai secara kuantitatif perlu dipikirkan dengan saksama.
  5. Melengkapi data dengan observasi dan pemberian umpan balik.
  6. Asesmen formatif tetap dilakukan dan didokumentasikan dengan baik.
  7. Asesmen formatif tetap dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan nilai akhir.
Hal yang perlu diperhatikan ketika kita menggunakan seluruh data hanya dari asesmen sumatif untuk dijadikan nilai rapor adalah...
Jawab : 1, 6, dan 7.

8. Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini.
  1. Hindari hanya menggunakan teknik asesmen berbentuk tes tertulis atau lisan. Masih banyak teknik asesmen lain yang dapat kita gunakan.
  2. Hindari terlalu berfokus pada nilai tanpa memberikan umpan balik dan tindak lanjut untuk perbaikan proses pembelajaran.
  3. Terlalu fokus menghabiskan waktu untuk menangani administrasi dan pengolahan penilaian.
  4. Tujuan pembelajaran yang dinilai secara kuantitatif perlu dipikirkan dengan saksama.
  5. Melengkapi data dengan observasi dan pemberian umpan balik.
  6. Asesmen formatif tetap dilakukan dan didokumentasikan dengan baik.
  7. Asesmen formatif tetap dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan nilai akhir.
Hal yang perlu diperhatikan ketika kita menggunakan seluruh data kuantitatif dari asesmen formatif dan sumatif untuk dijadikan nilai rapor adalah...
Jawab : 1, 2, dan 3.


















0 komentar:

Posting Komentar